Kamis, 12 Maret 2015

Lemah atau ego ?


Setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam dirinya, tidak bisa dipungkiri karna itu adalah pemberian Tuhan kepada setiap orang...

Kelebihan.. jika berbicara tentang kelebihan hampir semua orang jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah bermasalah dengan kelebihannya, karna itu merupakan hal yang membanggakan dalam hidupnya, bukan ?

Sedangkan kekurangan... jika kita berbicara mengenai hal yang satu ini, mungkin hampir semua orang sering sekali atau bahkan mungkin selalu bermasalah dengan hal ini...

Mungkin salah satu diantara mereka adalah aku.. jangankan mencoba menutup kelemahanku, membedakan kelemahan dan ego saja aku tak mengerti..

Aku adalah pribadi yang suka bercanda tapi juga mudah sekali marah, aku pribadi yang peduli tapi kadang juga sangat egois, aku pribadi yang berani tapi kadang aku akan menjadi pribadi yang sangat penakut juga, bingung ? sudah kubilang.... coba perhatikan.. setiap orang memiliki dua sikap dan sangat bertolak belakang dengan sikap yang kerap sekali ia perlihakan seperti biasanya....

Aku bingung memulai dari mana, yang jelas kali ini aku ingin bercerita mengenai kekuranganku yang susah aku definisikan..

Selama ini, yang aku rasakan.. kerap sekali aku menuntut orang untuk mengerti bagaimana diriku, bagaimana aku yang mudah sekali tersinggung karna hal yang sepele, bagaimana diriku yang kerap sekali marah akan hal yang tidak begitu aku sukai, bagaimana diriku yang ingin mendapat pelukan dan perhatian saat aku benar-benar lemah, bagaimana diriku yang mencoba melihat masalah dengan dewasa, bagaimana diriku yang ingin mendapat balasan akan sesuatu yang aku lakukan,bagaimana aku yang selalu merasa gengsi akan segala hal, termasuk untuk mengakui kesalahnku sendiri dan bagaimana diriku yang lainnya... kadang aku bertanya, entah pada siapa.. apakah aku ini terlalu menuntut ? jika aku mulai memikirkannya, aku pikir tidak, karna itu adalah aku apaadanya sejak dulu, yaa seperti itulah aku sejak dulu, lalu aku anggap itu adalah aku, dan aku bisa mengeluarkan semuanya itu hanya dengan orang-orang terdekatku, yaap seperti kenyataannya, aku yang seperti itu hanya muncul saat aku berada diantara orang-orang terdekatku, lalu sebenarnya aku sedang bergulat dengan siapa ? ego atau memang kelemahanku ? aku tak paham ... yang jelas semua itu sangat sulit untuk aku hilangkan dalam diriku...

Sebenarnya rasa takut itu ada, aku takut mereka lelah menghadapi aku yang seperti ini, aku takut mereka meninggalkanku dan yang terburuk adalah mereka tak mau berteman lagi denganku... bahkan orang yang sangat aku cintai saat ini, begitu sering aku berharap atau bahkan menuntut untuk dimengerti olehnya, kerap sekali aku memarahinya karena hal yang tidak aku sukai, kadang semua ada benarnya, tapi kadang hanya egoku saja yang membuatku seperti itu, kerap sekali aku sadar, tapi sekali lagi, gengsiku sangat tinggi,sangat amat tinggi, hingga kadang aku justru tidak mengakui kesalahanku...

Sungguh.. memahami dan mengerti diri sendiri saja sangatlah susah, aku akui sangat sangat susah.. apalagi mencoba mengerti dan memahami orang lain, mungkin untuk mengerti orang lain kita harus belajar dari memahami diri kita sendiri, bagaimana kita yang sebenarnya, dan kita akan mengetahui orang lain yang sebenarnya J

Tidak ada komentar: